Pengertian Growth Mindset Menurut Para Ahli

Table of Contents
Pengertian Growth Mindset Menurut Ahli
Growth Mindset Mapping

Pengertian Growth Mindset Secara Umum

Pengertian Growth Mindset Menurut Para Ahli - Pengertian Growth mindset adalah pemikiran atau pola pikir yang mempercayai bahwa manusia dapat berkembang dalam mempelajari sesuatu hal melalui usaha dan ketekunan. 

Manusia yang menerapkan pola pikir seperti ini, akan mengubah kekurangan yang dia dapatkan menjadi sebuah pembelajaran dan berusaha untuk terus memperbaikinya bahkan suatu saat nanti menjadi keunggulan yang dia miliki.

Bisa dibilang, kalau kalian mempunyai pola pikir seperti ini maka masa depan yang keliatanya suram akan berubah menjadi secerah harapan orang tua. Namun, sayangnya masih terdapat banyak sekali kalangan remaja dan orang-orang dewasa enggan buat belajar Growth Mindset.

Artikel growth mindset ini akan mengajari kalian cara membangun growth mindset bagi anak-anak maupun pelajar Indonesia yang mana masih dalam tahap perkembangan

Berikut Ini Para Ahli yang Membahas Growth Mindset

1. Para Ahli Internasional

  • Dr. Mary Murphy (Indiana University)
  • Prof. Dr. Carol S. Dweck (Psikolog Stanford University)
  • Angela Duckworth, Ph.D. (University of Pennsylvania)

2. Para Ahli Indonesia

  • Dr. Rini Fatma Kartikasari, M.Psi. (Psikolog pendidikan)
  • Dr. H. Gunawan, M.Ed. (Ahli pendidikan Islam)
  • Dr. A. Dwi Sulisworo, M.T. (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)

3. Filsuf yang Membahas Growth Mindset

  • Ki Hajar Dewantara (1889–1959)
  • Jean Piaget (1896–1980)
  • Lev Vygotsky (1896–1934)
  • John Dewey (1859–1952)

Pengertian Growth Mindset Menurut Para Ahli

1. Pengertian Menurut Ahli Internasional

  • Dr. Mary Murphy (Indiana University)
Pengertian dari Dr. Mary Murphy adalah konsep growth mindset nggak sekedar pola pikir seorang individu aja, tapi lingkungan sosial sama budaya di sekitar kita  juga turut andil dalam mendukung munculnya pola pikir seperti ini contonya, lingkungan sekolah, tempat bekerja dan tongkrongan. 
  • Prof. Dr. Carol S. Dweck (Stanford University)
Dweck beranggapan teori growth mindset adalah sebuah keyakinan atau kepercayaan bahwa mengembangkan growth mindset bisa melalui sifat tekun secara konsisten, sifat kerja keras dan pembelajaran dari banyak hal.
  • Angela Duckworth, Ph.D. (University of Pennsylvania)
Angela menyebutkan belajar growth mindset  memiliki relevansi atau keterikatan yang tinggi terhadap ketekunan dan semangat konsisten jangka panjang.

Sehingga menyebabkan keduanya saling memperkuat satu sama lain, jadi bisa dikatakan juga jika kita punya pemikiran ini dari kecil, maka pola pikir masa depan kita nanti akan lebih berkembang lagi.

2. Pengertian Menurut Ahli Indonesia

  • Dr. Rini Fatma Kartikasari, M.Psi. (Psikolog pendidikan)
Definisi growth mindset adalah membantu para siswa dan siswi serta remaja untuk mengembangkan adaptasi dan tidak gampang menyerah.

Cara mengembangkan growth mindset menurut beliau, sekolah di Indonesia mempunyai peran terbesar dalam upaya meningkatkan kapasitas berpikir berkembang bagi para murid.
  • Dr. H. Gunawan, M.Ed. (Ahli pendidikan Islam)
Pentingan mengembangkan pola pikir growth mindset sama dengan pentingnya menjalankan prinsip pendidikan islam, yaitu manusia mempunyai kewajiban terus belajar dan berkembang sampai mereka meninggal dunia.
  • Dr. A. Dwi Sulisworo, M.T. (Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta)
Konsep growth mindset menurut beliau adalah modal yang paling dibutuhkan oleh generasi saat ini untuk membangun daya saing siswa ataupun pelajar di era digital.

3. Pengertian Menurut Filsuf

  • Ki Hajar Dewantara (1889–1959)
Pola pikir growth mindset mempunyai relevansi terhadap konsep pemikiran ki hajar dewantara, bahwa setiap pendidikan harus bisa memerdekakan dan membuat manusia mempunyai pribadi mandiri dan dapat berkembang sesuai fitrahnya.
  • Jean Piaget (1896–1980)
Sama seperti Ki Hajar Dewantara, filsuf Jean Piaget memiliki kecenderungan konsep yang masih mempunyai hubungan terhadap perkembangan pola berpikir ini.

Dalam pemikiranya, anak usia dini akan membentuk pola pengetauhan secara aktif , hal ini menspekulasi bahwa  kemampuan dasar itu ternyata dapat berkembang secara waktu ke waktu.

Jadi tidak pasif saja atau stagnan di satu tempat, melainkan akan terus mengalami kemajuan bahkan sampe dewasa atau meninggal nantinya.
  • Lev Vygotsky (1896–1934)
Lagi-lagi terdapat keterkaitan antara growth mindset dengan konsep Zona Proksimal Perkembangan (Zone of Proximal Development) milik Lev Vygotsky.

Dia menjelaskan bahwa terjadinya pembelajaran itu karena anak-anak ini sedikit didorong melewati batas atau kemampuan mereka sekarang.

Ternyata dulu kita pas belajar di sekolah maupun di rumah dan dibentak-bentak biar cepet paham pelajaran, mereka make konsep ini yaa haha dan mendorong kita untuk memiliki growth mindset di usia dini.

  • John Dewey (1859–1952)
Konsep John Dewey yaitu pendidikan adalah sebuah faktor untuk manusia mendapatkan pengalaman yangterus bisa berkembang.

Karena kedua konsep ini menitikberatkan dalam perkembangan tentunya terdapat keterkaitan anatara 2 konsep ini.

Dewey mempunyai keyakinan bahwa manusia akan terus belajar memalui pengalaman masa lalu dan refleksi, sehingga selaras dengan konsep pentingnya growth mindset.

Agar lebih paham kalian bisa lihat tabel dibawah ini ya ^^
 
Nama Kontribusi Pemikiran Growth Mindset
Dr. Carol Dweck Pencetus istilah Growth Mindset yang sekarang dikenal oleh banyak orang
Angela Duckworth, Ph.D Mengatakan pola pikir ini berbanding lurus dengan konsep "grit" yang dia pelajari
Ki Hajar Dewantara Growth Mindset memiliki kesinambungan dengan "tut wuri handayani" yang pernah dia cetuskan
Dr. Rini Fatma Kartikasari, M.Psi. Konsep ini membuat siswa dan siswi dapat berkembang lebih baik
Dr. H. Gunawan, M.Ed. Konsep ini selaras dengan konsep Islam
Lev Vygotsky Pemikiran dia selaras dengan konsep ini, yaitu anak-anak jika sedikit dipaksa dari kapasitasnya akan berkembang

Manfaat Growth Mindset

  • Akan meningkatkan kesehatan mental manusia dan tahan banting dalam mengontrol emosional
  • Bagi mereka di rentang usia anak-anak sampai remaja, akan mengalami kelonjakan dalam hal prestasi bila mengajarkan pola pikir ini dengan benar
  • Setiap pembelajaran akan membuat kita termotivasi serta terbiasa tekun di setiap mempelajari sesuatu
  • Terbiasa menghadapi masalah dan menemukan problem solving yang tepat
  • Kemampuanya akan meningkat jika dikasih seuatu hal baru atau belajar hal baru
Banyak sekali cara mengembangkan growth mindset saat usia masih dini mulai dari lingkungan sekolah, rumah, kebiasaan setiap hari, lingkungan kerja, serta aktivitas yang belum pernah dipelajari.

Terdapat beberapa rekomendasi buku growth mindset, cocok nih buat kalian yang ingin tau lebih dalam mengenai cara, manfaat, penerapan, serta kelemahan pola pikir ini.

Materi growth mindset ini sangat penting bagi generasi muda Indonesia yangdigembor-gemborkan akan menjadi generasi emas tahun 2045.

Bukan hanya skill dan pendidikan saja yang harus diperbaiki namun, mental para remaja harus dibentuk sedari umur mereka masih dini. Hal ini akan meningkatkan persentase kenaikan yang tinggi untuk perkembangan negara kita.

Itulah akhir pembahasan kita perihal pengertian growth mindset menurut para ahli, semoga ilmu ini menjadi bermanfaat bagi kita dan generasi saat ini.

Rekomendasi Buku Growth Mindset yang Banyak Dicari

  • Mindset: Changing The Way You Think - Carol S. Dweck
  • The Growth Mindset Coach - Annie Brock, Heather Hundley
  • Mindset: The New Psychology of Success - Carol S. Dweck
  • The Growth Mindset Workbook: CBT Skills to Help You Build Resilience - Ellaine Elliott, Moskwa
  • The Growth Mindset Playbook

FAQ

Bagaimana Penerapan Growth Mindset Untuk Anak Remaja?

  • Hadapi setiap masalah yang ada dengan lapang dada dan terbuka
  • Berikan semangat juga apresiasi terhadap usaha mereka, bukan hanya hasilnya saja

Apa perbedaan dari Growth Minsed dan Fixed Mindset?

  • Dalam keyakinan, growth mindset percaya bahwa manusia bisa berkembang sedangkan fixed mindset kemampuan itu tetap
  • Segi menerima masalah, growth mindset cenderung terbuka dan menerima tantangan sedangkan fixed mindset cenderung menghindarinya

Mengapa Growth Mindset Penting untuk Siswa dan Pendidikan?

Karena untuk meningkatkan kepribadian murid agar lebih terbuka menghadapi masalah, memberikan dorongan ingin tahu lebih kuat dan meningkatkan proses berpikir kritis.

Bagaimana Cara Menerapkan Growth Mindset di Lingkungan Sekitar?

  • Lingkungan sekolah: Tidak pantang menyerah meskipun dia mendapatkan nilai kurang
  • Lingkungan Kerja: Kritik dari atasan membuat dia lebih baik lagi dalam menjalani pekerjaan

Post a Comment