Kerja Kantoran Ngapain Aja? Asah 8 Skill ini Sebelum Masuk ke Perusahaan

Table of Contents

 Kerja Kantoran Ngapain Aja?

Kerja Kantoran Ngapain Aja?

Tugas umum karyawan yang kerja di kantor meliputi administrasi, pengarsipan, pengolahan data informasi, meeting atau rapat, mengerjakan jobdesc dan tanggung jawab pekerjaan serta masih banyak lagi.

Banyak kalangan umur dari kita para generasi z dan milenial yang udah selesain atau namatin bangku pendidikan entah itu dari SMA ataupun bangku perkuliahan ingin kerja di kantor. Setelah melewati masa tersebut kita akan langsung berhadapan dengan dunia baru, berbeda dari sebelumnya yaitu apalagi sih kalo bukan dunia cari kerja.

Nggak semua skill harus lu kuasain, apalagi jobdesc dan tanggung jawab udah ditentuin di awal oleh bagian hrd, itu kalo kita yang udah pernah atau ngerasain kerja di sebuah perusahaan entah itu startup ataupun swasta. Tapi bagi temen-temen Fresgraduate tentunya masih bertanya-tanya dengan skill mereka dalam menjalani posisi kerja di kantor, kek gimana nih kerjaanya.

Apa ngelakuin kerja admin kantor aja? Apa harus jago editing video juga? atau apa harus bisa ngendaliin elemen angin? disini Mas Genji ingin memberikan informasi terkait beberapa hal atau beberapa skill yang harus dikuasi.

1. Pelajari Dasar Posisi Administrasi

  • Pahami cara untuk mengarsipkan data dan informasi terkait hasil hasil tugas
  • Kalian harus mencoba melakukan kegiatan pengolahan data 
  • Kalian bisa melakukan manajemen waktu untuk rapat departemen, bila diperlukan
  • Jaga kebersihan area di sekitar kalian kerja
  • Pelajari sistem kerja di departemen masing-masing agar tidak terjadi kesalahan komunikasi

Adanya pemahaman mengenai administrasi dasar ini, akan membuat kalian lebih nyaman dan enjoy saat ngerjain setiap tugas nantinya. Apalagi lu bisa sedikit ngurangin beban kerja admin kantor, itung-itung ngebantu kan.

2. Perdalam Cara Menggunakan Microsoft Word

  • Terus asah skill pengetikan komputer kalian sesuai EYD, agar mengurangi salah ketik atau typo saat mengerjakan tugas
  • Tingkatkan skill lebih dalam mengenai program microsoft word seperti penggunaan table, footer header, tata letak dan lain sebagainya
  • Jika skill lu masih di tahap dasar, jangan berhenti belajar, minimal kalian harus di tingkat intermedat

Semakin kalian expert dalam software microsoft word dan google docs maka peluang untuk menyelesaika tugas atau pekerjaan yang berhubungan dengan aplikasi ini akan semakin cepat. 

Selain itu produktifitas kalian akan meningkat, nggak cuma itu aja kalian juga bisa ngeggunain waktu senggang buat belajar hal baru.

3. Pahami Fitur dan Kegunaan Microsoft Excel

  • Minimal lu harus bisa beberapa rumus dasar dari excel, misalnya penggunaan SUM, AVERAGE, MIN, MAX dan lainya
  • Setelah lu terbiasa dengan rumus dasar itu, naikin lagi tingkat kesulitanya ke intermediat dengan rumus IF, COUNT, VLOOK UP, HLOOK UP, dan lainya
  • Selain itu, lu juga harus paham manajemen penempatan kolom biar nggak semrawut saat digunain nantinya
  • Biar lu lebih paham lagi, jangan sungkan minta pendapat ke karywan senior atau minta jatah untuk ngerjain proyek bareng biar nggak bingung sendiri di awal onboarding.

Sebenarnya jika kalian sudah paham dasaranya, terus ingin ngembangin lagi tingkat lajutan microsoft exel maka impactnya sangatlah besar bagi perusahaan kecil ataupun besar apalagi kerja di kantor akuntan publik.

4. Biasain untuk Ngelakuin Kontak Interpesona

  • Beri sapaan ke beberapa staff karyawan apalagi di satu departemen atau devisi dengan kalian
  • Jangan pernah sungkan juga untuk bertanya kepada staff kantor senior untuk mempermudah kelancaran kerjaan kalian
  • Kalau pas istirahat makan siang ataupun tengah hari jangan nolep di kantor, lu harus bisa terbiasa komunikasi selain pas waktu kerja.

Beberapa orang yang kerja staff kantor saat hari libur punya kerja sampingan sabtu minggu, mungkin jika kalian punya kedekatan emosional, kalian akan diajak untuk ngerjain proyek bareng.

5. Latihan untuk Fokus dan Bisa Bekerja di Bawah Tekanan

  • Fokus kalian bisa dilatih dengan cara mengerjakan atau memahami skill yang belum terlatih seperti belajar microsoft office, belajar editiing foto dan video, belajar manajemen waktu serta hal lainya.
  • Ikuti banyak pelatihan kursus online di berbagai platform agar melatih kalian untuk bisa memanajemen waktu sehingga bisa merasakan rasanya bekerja di bawah tekanan
  • Jangan pernah malas untuk terus belajar sesuai posisi  kalian, karena jika sekali saja timbul malas maka akan menjadi kendala buat diri kalian sendiri.

Latihan ini membuat kalian lebih dinamis mengikuti perkembangan teknologi dan trend saat ini. Jadi jangan sia-siakan waktu luang lu.

6. Biasakan Diri Buat Nyatet Hal-hal penting

  • Selama masa onboarding di perusahaan tertentu, kalian harus nyiapin buku atau catatan kecil dan alat tulis
  • Catat hal-hal penting, hal ini dilakukan untuk mengantisipasi pertanyaan dari senior atau atasan di perusahaan kalian bekerja
  • Jangan sungkan untuk bertanya jika sekiranya penting saat masih onboarding di lingkup pekerjaan

Meskipun terlihat sepele tapi hal ini sangat perlu diperhitungkan bila kalian ingin menjadi salah satu pengisi posisi staff kantor yang ada di perusahaan.

7. Kuasain Setidaknya 1 Keterampilan Selain Skill Dasar diatas

  • Coba belajar minimal 1 skill baru yang tidak berhubungan dengan posisi pekerjaan
  • Tidak usah mempelajarinya sampai tingkat expert, cukup dasar saja
  • Latihlah skill tersebut sesekali saja agar kalian tidak lupa cara pengoperasianya

Hal ini perlu dilakukan karena beberapa perusahaan  di Indonesia memberikan jobdesc di luar posisi tanggung jawab mereka.

Mereka menganggap skill tersebut masihlah relevan dengan posisi yang kalian tempati saat ini, jadi tidak ada ruginya juga bila kita sebagai pekerja menambahkan 1 skill lain di luar posisi pekerjaan.

8. Jagalah Kebersihan di Area atau Lingkungan Sekitar

  • Biasakan diri untuk merapikan benda-benda di sekitar lingkungan atau area pribadi misalnya di kamar dan sekitar rumah
  • Jaga kebersihan di area sekitar kalian seperti membuang sampah pada tempatnya, membersihkan area pribadi agar tidak kotor dan membersihkan tempat-tempat yang sekiranya perlu dibersihkan
  • Jangan menunggu sampai orang lain sampai mengingatkan kita untuk membersihkan area pribadi kita.

Meskipun soft skill diatas terlihat sepele sayangnya, tidak sedikit para kantor mempunyai lingkungan kerja tidak bersih alias masih berserakn barang-barang

Jadi Inti Kesimpulanya..

Kerja kantoran yang banyak didambakan oleh generasi Z dan milenial tidak semudah pikiran mereka,  perlu persiapan matang bukan hanya bawa tubuh sama pikiran doang.

Namun soft skill, hard skill, software skill perlu ditingkatkan biar kalian nggak kena omelan atasan pas waktu onboarding tiba, banyak keryawan baru tidak dilanjutkan masa onboarding atau resign dini karena tugas yang diberikan tidak jelas.

Maka dari itu untuk mengurangi resiko resign dini, kalian harus bisa membiasakan diri dengan lingkungan baru, mungkin di awal kalian akan merasa kaget. Kok gini ya kerjaanya?, kok pusing ya ngerjain apa? Tenang aja.

Selang beberapa waktu kedepan dengan adapatasi yang baik dari kalian sendiri, akan membuat hal-hal baru tersebut hilang sepenuhnya juga bisa enjoy dalam melakukan tugas dan tanggung jawab pekerjaan syukur-syukur kalian nantinya bisa kerja di kantor pos ataupun kerja di kantor google hahaha..

Post a Comment